Minggu, 11 Oktober 2015

Bab 6 # Proses Belajar Konsumen

"Proses belajar adalah bagian penting dari kegiatan konsumen yang dilakukan secara sadar maupun tidak sengaja, karena proses belajarlah maka seorang konsumen dapat melakukan fungsinya di pasar sebagai pembeli yang baik, rasional maupun emosional."

Hal-hal penting dalam belajar:
  1.  Belajar adalah proses berkelanjutan.
  2. Pengalaman memainkan peranan dalam proses belajar.
  3. Terminologi belajar memiliki makna yang luas.
Syarat proses belajar:
  1.  Motivasi (motivation)
  2.  Isyarat (cues)
  3. Respons (response)
  4. Pendorong atau penguat (reinforcement).

MOTIVASI adalah Daya dorong dari dalam diri konsumen, yang muncul karena adanya suatu kebutuhan. ISYARAT adalah stimulus yang mengarahkan motivasi dan dapat mempengaruhi cara konsumen bereaksi terhadap suatu motivasi. RESPONS adalah Reaksi terhadap informasi yang diperoleh. Contohnya: Konsumen bertanya mengenai produk baru yang ditawarkan.PENDORONG atau PENGUAT adalah Sesuatu yang meningkatkan kecenderungan seorang konsumen untuk berperilaku pada masa yang akan datang karena adanya isyarat atau stimulus. Contohnya : adanya diskon/ potongan harga. PROSES BELAJAR PERILAKU: Jenis-jenis Proses Belajar:
  •  Proses Belajar kognitif (cognitif approach) adalah proses belajar yang dicirikan oleh adanya perubahan pengetahuan, yang menekankanpada proses mental konsumen dalam memperoleh informasi.
  • Proses Belajar Perilaku (behaviorist approach) adalah proses belajar yang terjadi karena adanya perubahan perilaku konsumen karena perubahan lingkungan. Terbagi atas 3 bagian :
    1. Proses belajar classical conditioning
    2.  Proses belajar  instrumental conditionong
    3. Proses belajar vicarious learning

Sumber:

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapan dalam Pemasaran. (Consumen behavior: Theory and Application in Marketing). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar