Minggu, 20 September 2015

Bab 3 # Kepribadian

"Tidak ada manusia yang sama dalam sifat atau kepribadiannya, masing-masing memiliki kharakter yang unik yang berbeda satu sama lain, inilah yang disebut kepribadian manusia."
Terdapat 3 teori kepribadian utama , yaitu:
  1. Teori kepribadian Freud (Psychoanalitic theory of personality): Menurut Freud, kepribadian manusia terdiri dari tiga unsur yang saling berinteraksi, yaitu id, ego, dan superego.
  2. Teori Neo-Freud (Teori Sosial Psikologi): Teori ini menekankan bahwa manusia berusaha untuk memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat dan masyarakat mebantu individu untuk memenuhi kebutuhan dan tujuannya.Model kepribadian manusia terdiri dari 3 kategori yaitu Compliant, Aggressive, dan Detached.
  3. Teori Ciri (Trait Theory) : Teori ciri mengklasifikasikan manusia ke dalam karakteristik atau sifat atau cirinya yang menonjol. Teori ciri didasarkan kepada tiga asumsi, yaitu:
  • Individu memiliki perilaku yang cenderung relatif stabil
  • Orang memiliki derajat perbedaan dalam kecenderungan perilaku tersebut
  • Jika perbedaan-perbedaan tersebut diidentifikasi dan diukur, maka perbedaan tersebut dapat menggambarkan kepribadian individu-individu tersebut.

Kepribadian dan Perilaku Konsumen
  1. Kepribadian Ciri Inovatif Konsumen: Menggambarkan tingkat penerimaan konsumen terhadap produk-produk atau jasa baru.
  2. Dogmatisme: Kepribadian ciri yang mengukur tingkat kekakuan orang dalam menerima segala sesuatu yang tidak dikenal atau menerima informasi yang bertentangan dengan kepercayaan yang dimilikinya.
  3. Karakter Sosial: Kepribadian ciri dari karakter sosial yang mengidentifikasi dan membagi individu ke dalam berbagai jenis sosial budaya yang berbeda 

Sumber:  

Ujang Sumarwan.2003.Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapan dalam Pemasaran. (Consumen behavior: Theory and Application in Marketing). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar