Sabtu, 12 September 2015

My Kuliah Pertama

Mayor Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya
Departemen Budidaya Perairan (www.fpik.bdp.ipb.ac.id)
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (www.fpik.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Science (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)

Dosen:
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA 

Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS 

Ir. Retnaningsih, MS 
Ir. Md djamaluddin, MSc

Hello!
Perkenalkan, nama saya Tetty Inesia Hutapea. Saya merupakan mahasiswa program Alih Jenis dari Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Sebelumnya, saya merupakan mahasiswa program Diploma Institut Pertanian Bogor dengan program keahlian Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya dan saya berhasil menyelesaikan studi saya pada Juni 2013.

Catatan kuliah pertama saya adalah pada hari Senin, 7 September 2015, saya mengikuti mata kuliah Perilaku Konsumen sebagai Supporting Course (SC). Saya mengambil mata kuliah Perilaku Konsumen tersebut pada hari Senin, pukul 13.00-15.30 di RK 15 TAN 301 B. Kuliah ini disampaikan oleh ibu Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, M.S. Koordinator mata kuliah ini adalah bapak Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc. Beliau inilah yang mengarang buku dengan judul Perilaku Konsumen pada tahun 2011 dengan penerbit PT. Ghalia Indonesia yang akan memudahkan mahasiswa untuk belajar. 


Hal yang menarik dari kuliah pertama saya dengan Ibu Megawati adalah beliau sangat mengerti kebutuhan dan keinginan mahasiswa. Beliau mengajarkan seolah-olah pengajar adalah produsen dan mahasiswa (termasuk saya) adalah konsumen. Beliau sangat mengerti apa yang diinginkan oleh konsumen yang dalam kasus ini adalah mahasiswa. Beliau bahkan mengerti SC Perilaku Konsumen akan laku keras dikalangan mahasiswa karena hal-hal yang saya kira hanya diketahui oleh mahasiswa seperti memilih SC Perilaku Konsumen dikarenakan untuk memenuhi SKS saya pada semester ganjil ini, ataupun dikarena SKS mata kuliah ini yang 3(3-0) artinya tidak ada praktikum.

Sepertinya saya harus banyak belajar dari beliau, karena dengan ilmu yang saya tekuni saat ini yaitu Budidaya, saya harus mengetahui apa yang konsumen saya inginkan. Komoditas seperti apa yang harus saya produksi (budidayakan), keunggulan apa yang harus saya tonjolkan pada produk budidaya agar seberapapun kisaran harga yang saya tawarkan, konsumen akan tetap rela membayar, lalu iklan seperti apa yang harus saya keluarkan agar dapat menarik perhatian konsumen. Saya harus tau itu, dan saya semakin bersemangat ketika beliau memaparkan materi-materi praktikum yang akan datang seperti pengambilan keputusan, menganalisis iklan yang menyesatkan dan mengelabui konsumen, proses pembelajaran, pengetahuan konsumen, dan masih banyak hal lainnya.

Demikian catatan kuliah pertama ini saya buat dengan keadaan sadar dan bersemangat. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. Semoga bermanfaat ya teman-teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar